Coklat Sehat Antigemuk

Kabar gembira bagi para wanita penikmat coklat. Peneliti University of Birmingham di Inggris berhasil membuat coklat rendah lemak. Mereka menemukan partikel lemak dalam coklat yang dapat diganti dengan air.

Kombinasi air dan cocoa butter menciptakan nano partikel yang bisa menjadi bahan coklat berbasis air. Batangan coklat tersebut berisi 60 persen air tetapi memiliki rasa dan tekstur yang sama dengan coklat biasa. Meskipun berbahan dasar air, coklat tersebut baru bisa meleleh pada suhu 32-34 derajat celcius.


"Gelembung udara dapat digunakan untuk menurunkan kadar lemak dalam makanan yang berbeda. Para ilmuwan saat masih berdiskusi dengan produsen tentang cara-cara untuk memperkenalkan berbagai makanan super, termasuk mayones tanpa lemak dan tepung terigu yang membuat kenyang lebih lama," kata Dr Philip Cox, salah satu peneliti seperti dikutip dari laman Genius Beauty.

Mayones juga dibuat sangat rendah lemak. Kandungan lemak mayones yang dibuat hanya 5 persen. Sedangkan mayones biasa sebesar 65 persen. Para peneliti percaya teknik ini bisa membuat makanan lebih sehat dan menurunkan angka obesitas.

Sebenarnya, coklat berbasis air tidak hanya rendah lemak, tetapi juga mengandung nutrisi lebih sehat, terutama antioksidan. Kandungan catechinnya rendah dan bisa melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan tumor. [mrh/vivanews]

Comments